Tuesday, March 18, 2014

penemu mobil

Penemu Mobil - Gottlieb Daimler. Di abad 21 sekarang ini, mobil menjadi alat transportasi yang sangat penting, mobil merupakan alat transportasi yang digerakkan menggunakan tenaga mesin sebagai alat penggeraknya. Perkembangan mobil dari waktu ke waktu makin canggih dimana para produsen pembuat mobil semakin memanjakan konsumen dengan menghadirkan kenyamanan bagi para konsumennya dalam menggunakan mobil. Jika melihat dari perkembangan mobil sebagai alat transportasi yang semakin canggih maka berterima kasihlah kepadaPenemu mobil yaitu Gottlieb Daimler yang berkebangsaan Jerman bersamaCarl Freidrich Benz. Mereka berdua dikenal dunia sebagai pelopor atau penemu dari mobil. Sejak kecil pria yang bernama Gottlieb Daimler ini sangat menyukai mesin maka tak heran saat masuk perkuliahan ia kemudian memilih konsentrasi teknik mesin dan kemudian menjadi Insinyur mesin.

Di tahun 1882 Gottlieb Daimler mengambil langkah sendiri dengan membuat mesin yang kemudian dipasang pada sepeda maka konsekuensinya Gottlieb Daimler memilih berpisah dari perusahaan tempat ia bekerja akibat dari langkahnya tersebut. Hasilnya adalah terciptalah mesin dengan kecepatan 700-800 permenit dimana mesin tersebut merupakan mesin dengan pembakaran sempurna. Dalam pembuatan mesin tersebut Gottlieb Daimler berusaha mati-matian dalam menciptakan mesin tersebut yang kemudian dikenal sebagai mesin sepeda pertama. Setahun kemudian, secara tak disangka-sangka Karl Benz melakukan terobosan dengan membuat sebuah mobil yang mempunyai roda tiga dimana ia mendahului Gottlieb Daimler.

Persamaan dari keduanya adalah mobil buatan keduanya menggunakan mesin Otto sebagai tenaga penggeraknya. Gottlieb Daimler membuat gerakan dengan mengambil langkah memasarkan mobil temuannya lebih awal dibanding Carl Benz. Dari langkah tersebut kemudian Gottlieb Daimler mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG) ditahun 1890. Mobil Daimler yang pertama ditenagai dengan kekuatan enam tenaga kuda yang kemudian ia jual kepada pangeran Wales. kemudian pada tahun 1895 Mobil yang bernama 'Benzine Buggy". Gottlieb Daimler kemudian meninggal dunia pada tahun 1900 pada usia enam puluh enam. Gottlieb Daimler kemudian dikenang sebagai penemu dari alat transportasi bernama mobil, selain itu ia juga dikenal sebagai penemu mesin empat tak. 

Mobil hasil temuan Gottlieb Daimler terus dikembangkan hingga menjadi sebuah alat transportasi paling penting. Dimasa sekarang, mobil berkembang semakin canggih dimana bahan bakarnya tidak lagi menggunakan bensin ataupun solar melainkan menggunakan listrik sebagai tenaga penggeraknya. Menurut Wikipedia di tahun 2007, secara keseluruhan ada 71,9 juta unit mobil baru yang terjual di seluruh dunia, 22,4 juta unit di Eropa, 21,4 juta unit di Asia, 19,4 juta unit di Amerika Serikat dan Kanada, 4,4 juta unit di kawasan Amerika Latin, 2,4 juta unit di Timur Tengah, dan 1,4 juta unit di Afrika. Pasar di kawasan Amerika Utara dan Jepang sudah stagnan, sedangkan di Amerika Selatan dan beberapa negara Asia tumbuh pesat.

No comments:

Post a Comment