Saturday, March 22, 2014

Bung tomo

bung tomo Biografi Pahlawan Nasional Sutomo | Bung TomoBung tomo. Pahlawan kemerdekaan Indonesia yang satu ini merpakan sesosok pahlawan nasional pergerakan kemerdekaan indonesia yang sangat terkenal di masanya. Beliau lahir di jawa timur tanggal 3 oktober 1920. Beliau adalah pahlawan nasional Indonesia yang terkenal dengan perannya dalam membangkitkan semangat rakyat Indonesia untuk melawan datangnya penjajah belanda melalui tentara NICA yang kemudian berakhir dengan pertempuran 10 November 1945 yang kemudian di peringati sebagai hari pahlawan. Sutomo dibesarkan di rumah yang sangat menghargai pendidikan. Ia berbicara dengan terus terang dan penuh semangat.
Ia suka bekerja keras untuk memperbaiki keadaan. Pada usia 12 tahun, ketika ia terpaksa meninggalkan pendidikannya di MULO, Sutomo melakukan berbagai pekerjaan kecil-kecilan untuk mengatasi dampak depresi yang melanda dunia saat itu. Belakangan ia menyelesaikan pendidikan HBS-nya lewat korespondensi, namun tidak pernah resmi lulus.
Sutomo kemudian bergabung dengan KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia). Belakangan Sutomo menegaskan bahwa filsafat kepanduan, ditambah dengan kesadaran nasionalis yang diperolehnya dari kelompok ini dan dari kakeknya, merupakan pengganti yang baik untuk pendidikan formalnya. Pada usia 17 tahun, ia menjadi terkenal ketika berhasil menjadi orang kedua di Hindia Belanda yang mencapai peringkat Pandu Garuda.
Sebelum pendudukan Jepang pada 1942, peringkat ini hanya dicapai oleh tiga orang Indonesia.Setelah kemerdekaan Indonesia, Sutomo sempat terjun dalam dunia politik pada tahun 1950-an, namun ia tidak merasa bahagia dan kemudian menghilang dari panggung politik. Pada akhir masa pemerintahan Soekarno dan awal pemerintahan Suharto yang mula-mula didukungnya, Sutomo kembali muncul sebagai tokoh nasional.

No comments:

Post a Comment